Ujian GMAT ada berapa? Sebagai mahasiswa yang ingin melanjutkan studi pada jenjang pascasarjana di bidang manajemen dan bisnis, tentunya edu people perlu mengikuti ujian GMAT. Tes ini juga sudah diakui secara internasional. Terdapat juga beberapa ujian GMAT yang tersedia untuk edu people lho!

Ujian GMAT Itu Apa Sih?

GMAT atau Graduate Management Admission Test merupakan tes standar yang digunakan untuk mengukur kemampuan akademis edu people dalam konteks bisnis dan manajemen. Tes ini terdiri dari empat bagian yaitu Analytical Writing, Quantitative, Integrated, dan Verbal Reasoning.

Tes ini juga sudah digunakan oleh banyak program MBA atau Master of Business Administration dan sekolah bisnis di seluruh dunia sebagai bagian dari proses penerimaan mereka. 

GMAT sering dianggap sebagai ujian yang menantang, dan ujian ini penting karena hasilnya sering menjadi salah satu faktor penentu dalam proses penerimaan di banyak program MBA bergengsi lho!

Ujian GMAT Ada Berapa? Yuk Simak!

Tes ini dirancang untuk mengukur keterampilan yang dianggap penting untuk keberhasilan pada bidang bisnis. GMAT terdiri dari empat bagian utama yaitu Analytical Writing, Integrated Reasoning, Quantitative Reasoning, dan Verbal Reasoning.

Masing-masing bagian ini memiliki fokus yang berbeda dan berperan dalam menilai kemampuan peserta secara keseluruhan. Berikut beberapa bagian yang ada di ujian GMAT, diantaranya:

1. Analytical Writing

Pada bagian ini menguji kemampuan menulis dan berpikir kritis edu people. Edu people akan diminta untuk menulis esai yang menganalisis argumen yang diberikan. 

Tujuan dari bagian ini adalah untuk mengevaluasi kemampuan edu people  dalam memahami struktur argumen, mengevaluasi logika yang digunakan, dan menulis tanggapan yang jelas dan terorganisir dengan baik. 

Skor untuk pada tes ini berkisar dari 0 hingga 6, dengan penilaian dilakukan oleh seorang penilai manusia dan program penilaian berbasis komputer.

2. Integrated Reasoning 

Bagian tes ini dirancang untuk mengukur kemampuan edu people dalam menganalisis data dan mengevaluasi informasi yang disajikan dalam berbagai format, seperti grafik, tabel, dan teks. 

Bagian ini terdiri dari 12 soal dengan jenis tugas yang bervariasi, termasuk interpretasi grafik, analisis dua bagian, analisis tabel, dan pemahaman multi-sumber.

Skor pada bagian ini berkisar dari 1 hingga 8 dan tidak berdampak pada skor keseluruhan GMAT, tetapi tetap penting karena menunjukkan kemampuan analitis dalam konteks bisnis.

3. Quantitative Reasoning

Bagian Quantitative menguji kemampuan matematika dasar dan keterampilan penalaran kuantitatif. Bagian ini terdiri dari dua jenis soal utama yaitu problem solving dan data sufficiency. Soal-soal ini mencakup topik-topik seperti aljabar, geometri, aritmetika, dan analisis data. 

Tujuannya adalah untuk menilai kemampuan edu people dalam menyelesaikan masalah matematika dan mengevaluasi informasi kuantitatif. Skor untuk bagian ini berkisar dari 6 hingga 51, dan skor ini berkontribusi pada skor keseluruhan GMAT.

4. Verbal Reasoning

Bagian Verbal mengukur kemampuan edu people dalam memahami dan mengevaluasi teks tertulis serta kemampuan dalam mengoreksi materi tertulis agar sesuai dengan standar bahasa Inggris. 

Bagian ini terdiri dari tiga jenis soal utama yaitu reading comprehension, critical reasoning, dan sentence correction. Soal-soal ini dirancang untuk menilai kemampuan analitis, logika, dan keterampilan berbahasa Inggris. 

Skor untuk bagian Verbal juga berkisar dari 6 hingga 51 dan, bersama dengan skor Quantitative, membentuk skor keseluruhan GMAT.

Berapa Sih Biaya Mengikuti Ujian GMAT?

Biaya mengikuti tes GMAT atau Graduate Management Admission Test bervariasi tergantung pada lokasi dan layanan tambahan yang dipilih oleh peserta. Secara umum, biaya dasar untuk mengikuti tes GMAT adalah sekitar $275 USD. 

Namun, biaya ini bisa berubah dan sebaiknya edu people memeriksa lagi situs resmi GMAT atau pusat ujian terdekat untuk mendapatkan informasi terkini.

Selain biaya dasar untuk mengikuti tes, ada beberapa biaya tambahan yang mungkin perlu dipertimbangkan. Berikut diantaranya:

1. Biaya Penjadwalan Ulang

Jika edu people perlu menjadwalkan ulang tes, ada biaya tambahan yang harus dibayar. Biaya ini biasanya lebih rendah jika penjadwalan ulang dilakukan jauh-jauh hari sebelum tanggal ujian. 

Sebaliknya, biaya akan lebih tinggi jika penjadwalan ulang dilakukan mendekati tanggal ujian yang dijadwalkan sebelumnya.

2. Biaya Pembatalan

Apabila edu people memutuskan untuk membatalkan ujian, sebagian biaya pendaftaran mungkin bisa dikembalikan, tetapi ini juga tergantung pada kapan pembatalan dilakukan. 

Pembatalan yang dilakukan lebih awal biasanya memungkinkan pengembalian dana sebagian, sedangkan pembatalan yang dilakukan mendekati tanggal ujian mungkin tidak memberikan pengembalian dana sama sekali.

3. Laporan Skor Tambahan

Saat mendaftar untuk ujian GMAT, edu people dapat mengirim laporan skor kelima program bisnis tanpa biaya tambahan.

Jika edu people ingin mengirim laporan skor tambahan ke lebih banyak program, biaya tambahan per laporan skor akan dikenakan. Biaya ini biasanya sekitar $35 USD per laporan.

4. Review Skor dan Layanan Tambahan

Jika tidak puas dengan skor edu people bisa meminta peninjauan ulang bagian tertentu dari tes, seperti esai di bagian Analytical Writing. Layanan ini juga dikenakan biaya tambahan. 

Selain itu, edu people bisa memilih untuk mengakses layanan seperti Enhanced Score Report, yang memberikan analisis lebih mendetail tentang kinerja ujian edu people. Layanan ini juga memerlukan biaya tambahan.

5. Persiapan Ujian

Walaupun bukan bagian dari biaya ujian GMAT itu sendiri, banyak peserta memilih untuk mengikuti kursus persiapan atau membeli materi belajar tambahan, seperti buku, perangkat lunak, atau langganan kursus online. 

Ujian GMAT ada berapa? Apabila edu people tertarik untuk mengikuti ujian GMAT. Magna English Preparation siap membimbing edu people dalam persiapan ujian GMAT. 

Di sini, edu people akan menikmati berbagai keuntungan, termasuk metode pembelajaran terbaik, pemahaman mendalam tentang mekanisme ujian GMAT, dan beragam latihan soal GMAT. Jadi, yuk segera daftarkan diri kamu!!