Kuliah ke luar negeri, siapa yang tidak ingin? Melanjutkan pendidikan disana merupakan impian sebagian orang. Karena dengan kuliah di luar negeri kamu tidak hanya mendapatkan ilmu baru, tetapi pengalaman akan hidup sendiri di negara luar. 

Institut Statistik UNESCO mengatakan, terdapat 53.604 mahasiswa Indonesia yang melanjutkan kuliah di luar negeri selama 2021. Jumlah tersebut akan terus meningkat setiap tahunnya, Indonesia masuk ke urutan 22 sebagai negara jumlah siswa belajar di luar negeri. 

Menyusun Persiapan Kuliah ke Luar Negeri

Tidak hanya persiapan keberangkatan saja, jauh sebelum itu kamu juga harus menyusun plan selama kamu berkuliah disana. Berikut ini langkah yang dapat membantumu dalam menyusun plan selama berkuliah di luar negeri: 

1. Mengetahui Alasan Kuliah ke Luar Negeri  

Kamu harus mengetahui alasan mengambil kuliah di luar negeri, serta tujuan apa yang ingin dicapai kedepannya. Banyak hal yang bisa diambil ketika kuliah di luar negeri, seperti disana bisa mempelajari bidang lebih spesifik, kualitas pendidikan dan metode pembelajaran lengkap.

Masih banyak hal yang bisa dijadikan alasan, tergantung bagaimana kamu memilihnya dan bisa menghubungkan dengan tujuan kamu nantinya. 

2. Melakukan Persiapan yang Matang

Ketika di negara luar kamu perlu mandiri untuk mengurus diri sendiri, maka dari itu mulailah belajar mandiri. Dan bukan hanya itu, bahasa di sana pun sudah pasti berbeda. Mulailah belajar bahasa asing ketika kamu memutuskan untuk kuliah di luar negeri, kamu bisa belajar mandiri atau mengikuti kursus

Selain itu, lakukan persiapan sesegera mungkin. Karena akan membutuhkan waktu untuk memenuhi persyaratan, mulai dari pendaftaran hingga mengajukan visa pelajar. Jika kamu mengambil jalur beasiswa, maka diperlukan persiapan lainnya. 

3. Mencari Informasi

Mulai mencari informasi tentang program kuliah, persyaratan hingga cara daftar dan program beasiswa yang tersedia. Dengan mencari di awal waktu, nantinya kamu akan mempunyai cukup waktu dalam persiapan kuliah di luar negeri. Jika ingin mengambil program S1, kamu bisa mencari tahu sejak kelas 2 SMA atau sederajat. Namun jika ingin mengambil S2, mulailah mencari tahu sejak 2 tahun sekarang. 

Terdapat banyak program kuliah di luar negeri, tingkat kesulitan dan durasi pun berbeda-beda. Tidak hanya itu, gelar kuliah luar negeri juga banyak macamnya. Sebagian program yang tersedia menggunakan bahasa pengantar yaitu bahasa inggris. 

Periode kuliah di luar negeri juga perlu kamu cari tahu. Karena saat ini, banyak negara asing yang menawarkan program S2 hanya belajar 2 tahun. Informasi ini diperlukan untuk perencanaan studi lanjutan, karena setiap negara mempunyai standar berbeda dalam setiap jurusan. 

4. Menyiapkan Dana

Untuk kuliah di luar negeri memang memerlukan biaya, namun kamu jangan risau akan hal itu. Banyak universitas yang tidak memerlukan dana besar, contohnya seperti di Jerman. Universitas di negara Eropa tersebut banyak yang murah, bahkan bisa gratis dengan menggunakan beasiswa lho. 

Selain dana kuliah, kamu juga perlu menyiapkan dana untuk kebutuhan selama disana. Tapi tenang, tidak perlu khawatir. Kamu bisa mengikuti program beasiswa atau kerja paruh waktu selama disana, karena ada beberapa negara yang memperbolehkan mahasiswa internasional melakukan kerja paruh waktu. 

5. Asuransi Kesehatan

Amerika, Inggris dan Australia merupakan negara yang mewajibkan para mahasiswa internasional memiliki asuransi kesehatan. Kamu akan disarankan untuk membeli polis di asuransi kesehatan yang sudah menjalin kerjasama dengan universitas tujuanmu. 

Tetapi, ada sebagian universitas juga yang membebaskan mahasiswa internasional untuk memilih penyedia asuransi sendiri. Namun ada syaratnya, polis asuransi kesehatan tersebut sudah sesuai dengan syarat dan standar pihak universitas. 

Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik 

Ada beberapa negara yang mempunyai sisterm pendidikan berkualitas. Hal ini dibuktikan dengan  telah melahirkan lulusan sukses, sistem pendidikan memiliki kekuatan serta tantangan tersendiri. Pendidikan juga memiliki arti yang besar untuk individu maupun masyarakat. Berikut ini negara dengan sistem pendidikan terbaik, antara lain: 

1. Jerman

Negara yang terletak di Eropa ini menggabungkan pembelajaran di kelas dengan pelatihan kejuruan. Disini mahasiswa dapat memilih program studi yang bisa mengarah ke berbagai peluang karir. Jerman juga dikenal memiliki banyak universitas kelas dunia, terutama pada bidang teknik. 

Banyak masyarakat Indonesia yang melanjutkan pendidikannya di Jerman, dengan jenjang sarjana, pascasarjana hingga doktor.  Jerman menggunakan sistem Europe Credit Transfer and Accumulation System yang umumnya bernilai 30 per semester.

Daftar universitas terbaik yang ada di Jerman, Ludwig Maximilians University Munich, Technical University of Munich, University of Heidelberg , Humboldt University Berlin dan masih banyak lagi universitas terbaik dan merupakan universitas tertua di Jerman. 

2. Finlandia

Salah satu negara yang dinobatkan sebagai negara dengan pendidikan terbaik. Anak muda di Finlandia memiliki kemampuan membaca yang tinggi, itu dibuktikan dengan Programme for International Assessment. 

Durasi sehari-hari sekolah di Finlandia hanya 5 jam sehari, selain itu siswa juga tidak dibebankan dengan pekerjaan rumah.Terletak di benua Eropa Finlandia termasuk negara yang paling bahagia di dunia. Sistem pendidikannya lebih fokus pada kesejahteraan siswa.

Terdapat dua jenis pendidikan tinggi di negara ini, yaitu universitas dan universitas ilmu terapan. Terdapat 13 universitas di Finlandia yaitu Universitas Heinski, Aalto University, Universitas Turku, Universitas Oulu dan masih banyak lagi. 

3. Inggris

Banyak perguruan tinggi populer yang ada di Inggris, negara ini memiliki sistem pendidikan yang mengikuti pendekatan terstruktur mulai dari dasar hingga tinggi. Sistemnya menekan mata pelajaran akademik dan sudah mencakup ujian standar, seperti GCSE dan A-level. 

Banyak universitas di inggris yang termasuk universitas terbaik di dunia, seperti University of Oxford, University of Cambridge, Imperial College London dan masih banyak lagi 

4. Amerika Serikat

 Amerika merupakan rumah bagi perguruan tinggi terbaik di dunia. Hal ini dikarenakan sistem pendidikan yang bermacam-macam. Sistem pendidikannya mengedepankan kurikulum yang luas, kegiatan ekstrakurikuler dan pengujian standar. 

Ada beberapa pilihan pendidikan tinggi yaitu community college, universitas dan sekolah kejuruan. Gelar pendidikan di Amerika terbagi menjadi Gelar Associate, Gelar Sarjana dan Magister/ Doktor.  Beberapa universitas terbaik di Amerika, Stanford University, Harvard University, University of Chicago dan lainnya. 

5. Swedia

Sistem pendidikan di negara ini dikenal sangat baik, hal ini karena mereka memprioritaskan kesejahteraan siswa dan pembelajaran praktis.Negara ini menekankan kreativitas, pemikiran kritis dan juga kolaborasi. Selain Amerika, Swedia juga rumah bagi 50 institusi pendidikan tinggi.

Hal ini dikarenakan universitas di Swedia sering mendapat posisi teratas dalam peringkat global. Universitas terbaik di swedia yakni, Institut Teknologi Blekinge, Universitas Teknologi Chalmers, Universitas Dalrna, Universitas Halmstad dan masih banyak lagi. 

Bagaimana makin tertarik bukan untuk berkuliah diluar negeri, memang banyak yang perlu dipersiapkan dari jauh-jauh hari terutama untuk bisa berbahasa asing. Mulailah untuk belajar secara mandiri atau dengan kursus. 

Cari kursus bahasa asing yang berkualitas? Magna Education jawabannya. Kamu bisa belajar bahasa Inggris dan Jerman lho. Tidak perlu diragukan lagi, metode belajar yang kreatif serta para pengajar berkompeten membuat kamu cepat memahami dan mampu berbahasa asing. Yuk buruan daftar!!