Konsultasi dan kursus bahasa Jerman, penting jika kamu ingin meningkatkan memfokuskan diri untuk belajar. Tentunya kemampuan tersebut penting, terlebih saat ini kemampuan bahasa asing banyak dicari perusahaan maupun instansi akademik. 

Di negara Eropa kini banyak membuka peluang karir, tidak hanya untuk masyarakat lokalnya saja tentunya. Tetapi masyarakat internasional pun sangat diterima di Jerman, banyak dari mereka yang memilih untuk bekerja, belajar hingga sekedar menetap disana. 

Ketika sudah mempunyai tujuan untuk berkunjung kesana, tentu banyak yang perlu dipersiapkan dengan matang. Salah satunya yaitu bahasa, karena dengan memiliki kemampuan itu tentu akan mempermudah kamu berkomunikasi selama disana. Selain itu, banyak juga keuntungan yang bisa kamu raih. 

Jerman Negara Ramah Warga Luar

Hal ini menjadi fakta, karena di Jerman banyak membuka kesempatan bagi penduduk internasional. Terbukti dengan pemerintahannya banyak membuat program beasiswa, tidak hanya untuk pendidikan namun juga untuk pekerjaan. 

Jerman memiliki sistem imigrasi untuk pekerjaan terampil, namun jika kamu mempunyai kemampuan dan masuk kedalam kualifikasi kamu tentu dapat mencari pekerjaan disana. Selain itu, negara Eropa ini juga mempunyai beberapa program untuk membantu warga internasional untuk mencari pekerjaan.

Beberapa program ini juga akan memberikan hak tinggal dan pekerjaan bagi mereka yang memiliki kualifikasi tinggi, serta bisa bekerja di seluruh wilayah Uni Eropa

1. Aupair

Program magang ini akan berlangsung selama satu tahun, tentu banyak pengalaman yang akan kamu dapatkan jika mengikutinya. Karena aupair merupakan program sosial dengan tinggal dan bekerja dengan keluarga yang tinggal di Jerman. 

Disana, kamu akan merawat anak-anak sambil mempelajari budaya dan bahasa Jerman. Aupair tidak hanya ada di negara Jerman saja, banyak negara Eropa lainnya yang mengadakan program ini. Dahulu aupair ini hanya membolehkan warga Eropa saja yang mengikuti program ini. 

Namun sejak tahun 2005, semua peraturan di ubah hingga memperbolehkan warga luar mengikuti program ini. Ketika kamu mengikuti program ini, nantinya kamu tidak perlu bingung untuk mencari dan membayar biaya tempat tinggal selama disana. 

Karena kamu akan tinggal bersama keluarga asuh Jerman, keuntungan lainnya yaitu  selama mengikuti program ini tentu akan mendapatkan uang saku. Maka dari itu, aupair termasuk program kerja dari pemerintah Jerman. 

Jika kamu ikut aupair ini, nantinya akan dikontrak selama dua tahun paling lama. Selain mendapatkan tempat tinggal, makan juga akan ditanggung oleh keluarga asuh Jerman. Dan tentu karena ini program termasuk pertukaran budaya, maka kamu akan mendapatkan kursus bahasa Jerman selama disana. Adapun beberapa syarat untuk mengikuti program aupair ini, antara lain:

  1. Berusia 18 hingga 26 tahun 
  2. Pengalaman merawat anak
  3. Belum pernah menikah 
  4. Lulusan SMA atau sederajat 
  5. Sertifikat bahasa Jerman A1
  6. Visa dan izin kerja 
  7. Surat rekomendasi

2. Ausbildung

Program ini merupakan kolaborasi antara pelatihan kerja dan pendidikan vokasional, banyak yang berminat untuk mengikuti program ini. Umumnya akan berlangsung selama 2,5 hingga 3 tahun, namun lamanya program. 

Namun terdapat ada perbedaan dengan aupair. Ausbildung merupakan program pelatihan profesional, dan jika aupair hanya program pelatihan pertukaran budaya. Ada berbagai bidang yang dapat kamu [ilih ketika mengambil program ausbildung. 

Nantinya, peserta akan difokuskan pada keterampilan yang dibutuhkan pada dunia kerja.  Kamu juga akan mendapatkan uang saku selama mengikuti program ini. Pada akhir masa ausbildung, nantinya kamu akan mengikuti ujian dan mendapatkan sertifikat sebagai bentuk pengakuan. Persyaratan ausbildung antara lain:

  1. Lulusan SMA atau sederajat
  2. Berusia minimal 18 tahun maksimal 35 tahun
  3. Mempunyai sertifikat bahasa Jerman B1
  4. Menyiapkan CV dan motivation letter dalam bahasa Jerman
  5. Ijazah pendidikan terakhir dan transkrip nilai 

3. FSJ & BFD

Program sukarelawan sosial yang bekerja di lembaga kesehatan atau lembaga pendidikan, hal ini akan berlangsung selama 6-18 bulan. Selama mengikuti program ini, nantinya kamu akan mendapatkan uang saku yang berbeda-beda. Itu semua tergantung dengan dimana kamu berada di wilayah mana.

Umumnya, uang saku akan didapat berkisar 300 hingga 650 Euro per bulan. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan asrama sebagai tempat tinggal. Meskipun program sukarelawan, kamu juga akan tetap mendapatkan cuti selama 26 hari dalam setahun. Sangat menguntungkan banget bukan?

Sama seperti ausbildung, program ini juga akan mendapatkan sertifikat ketika sudah berakhir. Tentu akan berguna, karena kamu bisa menambahkannya ke dalam cv kamu. Hal itu bisa menjadi pertimbangan tambahan untuk pemberi kerja selanjutnya, terlebih jika ingin melanjutkan ausbildung. Adapun syarat yang diperhatikan dalam fsj dan bfd ini, yaitu:

  1. Berusia 18 hingga 27 tahun, namun untuk program BFD
  2. Mempunyai sertifikat B1
  3. Curriculum Vitae dan Motivation Letter
  4. Paspor 

Konsultasi dan Kursus Bahasa Jerman 

Ketika sudah memilih diantara aupair, ausbildung dan FSJ BFD saatnya mempersiapkan hal yang paling terpenting. Yang harus dilakukan yaitu mempelajari bahasanya terlebih dahulu, tidak menutup kemungkinan ketika disana akan berkomunikasi dengan warga lokal. 

Kamu bisa dengan mengikuti kursus bahasa Jerman, terlebih sekarang sudah banyak lembaga yang menyediakan melatih kemampuan tersebut. Namun jika masih bingung dengan tujuan mempelajari bahasa tersebut, kamu bisa konsultasi terlebih dahulu. Lakukan konsultasi dan kursus bahasa Jerman di tempat yang tepat. Berikut ini pentingnya konsultasi bahasa Jerman, antara lain:

  • Dapat menyusun rencana pembelajaran. Mencari tahu tujuan pembelajaran, sehingga dapat merencanakan langkah-langkah untuk mencapainya. 
  • Dapat menyesuaikan metode pembelajaran, tentunya bisa melihat apakah sudah sesuai dengan gaya belajar kamu. 
  • Ketika kamu ingin mengikuti ujian sertifikasi, konsultasi akan dapat membantu dalam persiapan khusus serta memahami format ujian. 

Selain penting, ketika memilih konsultasi bahasa Jerman akan mendapatkan beberapa manfaat juga seperti:

1. Peningkatan Kemampuan Bahasa

Dengan konsultasi bahasa, tentu akan membantu kamu dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Jerman. Termasuk dengan kemampuan mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Selain itu, dapat membantu memahami dan menggunakan bahasa Jerman lebih benar. 

2. Pengucapan

Dengan berkonsultasi, kamu akan dibantu dalam memperbaiki pengucapan dan intonasi bahasa Jerman. Tentu saja, hal itu dapat mempengaruhi cara berkomunikasi. Selain itu, mereka juga akan mengenalkan budaya-budaya Jerman yang mencakup norma sosial, nilai serta kebiasaan sehari-hari. 

3. Kemajuan Cepat

Dengan menggunakan konsultan bahasa, kamu akan lebih cepat memahami. Tentu akan mengalami kemajuan, dibandingkan dengan belajar secara mandiri. Karena akan mendapatkan umpan balik, selain itu memberikan kesempatan bagi kamu untuk berlatih bahasa Jerman 

4. Peningkatan Kepercayaan

Melalui konsultasi bahasa  tentu akan meningkatkan rasa kepercayaan diri, baik itu sosial, akademik maupun profesional. Pastikan hanya konsultasi dan kursus bahasa Jerman di tempat yang tepat.

Tentu dalam menyusun rencana pembelajaran, komunikasi dapat menjadi alat yang ampuh dalam memberikan pengalaman pembelajaran. Semua ini berlaku, untuk kamu yang ingin mencapai tingkat keahlian yang lebih tinggi sehingga bisa berkomunikasi pada berbagai konteks.

Konsultasi dan Kursus bahasa Jerman, di Magna Education aja. Kamu akan diarahkan ketika masih bingung memilih program Jerman, tidak hanya itu disana juga akan dibantu hingga keberangkatannya. Saat ingin mengikuti ujian sertifikat, kamu akan dibimbing langsung dengan pendalaman materi. Yuk, daftarkan diri kamu!!